input license here

Bacaaan Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Bacaaan Niat Puasa Ramadhan. Niat puasa merupakan salah satu rukun dalam puasa ramadhan. Jika rukun tersebut kita tinggalkan maka puasa kita tidak sah karena tidak memenuhi syarat rukun puasa. Adapun bacaan niat sebelum kita melaksanakan puasa terdapat beberapa pendapat tentangnya.

  • Pendapat pertama: Beranggapan bahwa niat tersebut terdapat di dalam hati kita sehingga tidak perlu dilafadzkan, dengan kata lain niat dapat dilaksanakan dengan cara menyadari dengan hati dan fikiran mengenai kegiatan apa yang hendak dikerjakan, dalam konteks ini berarti menyadari dalam hati dan fikiran bahwa dirinya akan mengerjakan ibadah puasa ramadhan.
  • Pendapat kedua: beranggapan bahwa niat dalam mengerjakan sesuatu khususnya dalam melaksanakan rukun puasa memang ada lafadznya akan tetapi bacaan tersebut cukup dibaca dalam hati saja. Dengan kata lain lafadz niat berpuasa ramadhan cukup kita kerjakan atau kit baca dalam bhati (di batin saja).
  • Pendapat ketiga: beranggapan bahwa niat itu ada lafadznya dan wajib kita ucapkan secara lisan dan batin. Dengan kata lain lafadz niat puasa ramadhan wajib kita lakukan baik secara lisan maupun di dalam hati.
Bagi sayasendiri dari ketiga pendapat di atas lebih memilih pendapat yang terakhir yang menyatakan bahwa niat hendaknya kita ucapka dengan lisan dan meyakini dengan hati. Hal ini penulis pilih karena pendapat ketiga tersebut secara logika dapat mencakup dua pendapat sebelumnya.

Adapun lafadz bacaan niat puasa ramadhan adalah sebagai berikut:


Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhi syahri romadhoona haadzihis sanati lillaahi ta ‘aala.
Artinya : ” Aku niat berpuasa esok hari utk menunaikan kewajiban bulan ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala “. 

Bacaan niat di atas merupakan lafadz arab niat puasa wajib di bulan ramadhan dan artinya. Sementara dalam mengakhiri puasa atau berbuka puasa kita juga mengenal doa berbuka puasa, adapun bacaan berbuka puasa ramadhan adalah sebagai berikut:


Allahumma laka Shumtu wabika aamantu wa’ala risqika afthartu birahmatika yaa arhamar raahimiin. 
Artinya : ” Ya Allah karena engkau saya berpuasa & kepada engkau aku beriman & atas rezeki yang engkau beriman saya berbuka, dengen rahmat-Mu wahai Dzat yang Maha Pengasih dari semua yang pengasih “

Demikian artikel mengenai bacaan niat puasa ramadhan dan artinya, semoga dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai salah satu rukun puasa.
Related Posts
Restu Ahmad
Operator Sekolah, Opreker, Blogger
SHARE
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar