input license here

Cara Mengisi Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2019

Masih membahas seputar Dapodik Versi 2019, kali ini saya akan memberikan panduan pengisian Lintang dan bujur untuk PTK dan Siswa pada aplikasi Dapodik. Cara Mengisi Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2019 ini sama dengan Aplikasi Versi 2018.b.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pada aplikasi dapodik terbaru tersebut terdapat sebuah penambahan fitur baru yaitu Penambahan kolom lintang dan bujur atau biasa disebut dengan titik koordinat pada PTK dan Peserta Didik. 
Penambahan pengisian kolom lintang dan bujur pada peserta didik bertujuan untuk mengukur jarak tempuh tempat tinggal peserta didik dengan sekolah dan untuk mengakomodir kebijakan zonasi pada aturan PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) sesuai Peraturan Menteri Pendidikan No. 17 Tahun 2017. dan juga akan muncul Warning pada siswa jika titik koordinat tidak di isi. untuk itu marilah simak Prosedur pengisian lintang dan bujur pada peserta didik adalah sebagai berikut: 

Berikut langkah-langkah mengisi Lintang dan Bujur pada aplikasi Dapodik 2019.


Sebelum itu wajib kita pastikan untuk Koneksi harus ONLINE.

1. Login ke Aplikasi Dapodik versi 2019 
2. Klik menu PTK atau Peserta didik kemudian pilih salah satu yang ingin diisi Lintang dan Bujurnya 
3. Klik ubah dan gulir ke bawah sampai ke menu Lintang dan Bujur 


4. Selanjutnya klik Buka Peta Koordinat dan akan muncul jendela google maps, disini kita tinggal menentukan lokasi rumah baik itu PTK maupun Peserta didik


5. Untuk mempermudah pencarian silahkan isi (Cari Lokasi) menggunakan kata kunci yang sesuai seperti nama jalan, nama desa/dusun, dll. 


6. agar tampilan peta lebih jelas gunakan mode Satelit 


7. Klik Kanan pada lokasi maka otomatis Lintang dan Bujur akan terisi
8. terakhir klik simpan dan tutup Jendela 

Nah itulah Cara Mengisi Titik Koordinat di Aplikasi Dapodik 2019 atau Cara Mengisi lintang bujur di Aplikasi Dapodik 2019, semoga bermanfaat buat rekan rekan sekalian. salam satu data
Related Posts
Restu Ahmad
Operator Sekolah, Opreker, Blogger
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar